TREN PERSAHABATAN 2011

Apa yang kita alami dalam pertemanan atau persahabatan terkadang membuat kita lelah dan jengkel, tapi hal itulah yang memberikan kesan indah dalam persahabatan. Jalinan persahabatan tidak muncul secara otomatis, pasti melalui sebuah proses panjang dalam menjalaninya. Dalam hubungan persahabatan biasanya diwarnai dengan suatu kejadian-kejadian yang yang menyenangkan hingga menyedihkan bahkan mengecewakan. Ada tangis, canda, tawa, kecewa, iri, dan lain sebagainya namun, itu semua terjadi bukan maksud untuk menciptakan suatu kebencian.

Proses dari seorang teman menjadi sahabat dibutuhkan kesetiaan dalam pemeliharaannya, tetapi bukan saat kita membutuhkan kemudian melupakan begitu saja, mencari perhatian untuk maksud tertentu, mengharapkan pertolongan dan ungkapan kasih sayang dari teman kita, namun bagaimana cara kita berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang sedang dirasakan dan dibutuhkan oleh seorang sahabatnya.

Semua orang pasti ingin mempunyai sahabat sejati, tetapi tidak semua orang berhasil meraihnya. Banyak diantara kita yang mendapatkan indahnya persahabatan, namun ada juga yang mendapatkan kehancuran karena dikhianati atau dikecewakan. Beberapa hal yang acapkali menjadi penghancur dalam jalinan persahabatan yaitu :

1. Ketidaksetiaan

2. Ketidakterbukaan

3. Hilangnya kepercayaan

4. Perubahan perasaan antar lawan jenis

Nah, bagaimana ya agar penghancur persahabatan dapat diatasi tanpa menimbulkan masalah? Berikut ini “Tren Persahabatan 2011” :

1. Jangan suka mengumbar kejelekan  sahabat kita.

Zaman sekarang banyak anak muda yang mengakui diri kita sebagai sahabatnya, tetapi di belakangnya ternyata menusuk kita. Contoh kecilnya seperti ini si A bersahabat dengan si B, tetapi si B iri dengan kecantikan si A, pada saat si A mempunyai gebetan, si B mengumbar kejelekan sahabatnya itu, akhirnya tiba-tiba gebetan si A memutuskan hubungan pertemananya dengan si A tanpa penjelasan yang jelas.

2. Jangan “UUD” (Ujung-ujungnya Duit)

Ada sahabat kita yang  membutuhkan bantuan kita, tetapi terkadang kita meminta imbalan kepada sahabat kita misalnya suruh beliin pulsa, suruh nraktir, dan lain sebagainya. Boleh-boleh saja melakukan hal itu tetapi lihat-lihat kondisi sahabat kita juga.

3. Saling Percaya

Satu kata yang sangat simple dan sering kita dengar yaitu “PERCAYA”, tetapi sekarang kata-kata itu mulai luntur, persahabatan sekarang malah hanya dilingkupi dengan prasangka buruk. Tidak salah kalau kita berprasangka buruk dengan sahabat kita, tetapi daripada memunculkan masalah lebih baik kita percaya saja, kalau seandainya sahabat kita menyalahgunakan kepercayaan dari kita berarti sahabat itu tidak komitmen dengan jalinan persahabatan yang selama ini dibinanya.

4. Saling terbukalah

Kadang ada sahabat yang tidak ingin terbuka dengan masalah yang dia hadapi. Alasannya, “nggak mau ngrepotin teman”, “biar masalah ini menjadi masalahku”, dan masih banyak alasan-alasan yang lainnya. Memang tidak semua masalah dapat diceritakan kepada sahabat, tetapi apa salahnya jika kita mau berbagi dengan sahabat kita, siapa tahu dengan kita menceritakan masalah yang kita hadapi, sahabat kita dapat membantu meringankan beban pikiran kita.

5. Jaga privasi sahabat

Yang satu ini patut dirahasiakan, jangan malah diumbar ke teman-teman lainnya. Nggak mau kan kalau kepribadian kita diumbar kesana-kemari.

Yah, itulah persahabatan ada manis, asam, asin, campur jadi satu. Meskipun sering memunculkan beberapa masalah, tetapi persahabatan yang sejati akan mampu mengatasi masalahnya bahkan dapat tumbuh menjadi sosok orang yang berkesan karenanya.

sumber inspirasi : http://www.google.com

6 Tanggapan to “TREN PERSAHABATAN 2011”

  1. samiranshamir Says:

    Siiip. Akan lebih baik kalau disertakan referensinya.

  2. isi tulisan sih bagus, tapi mata gak nyaman akibat fitur yang terlalu rame

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: