Tips Sederhana Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan bagi sebagian orang itu dirasa sulit. Padahal mengontrol keuangan pribadi sangatlah perlu, sebab jika kita tidak bisa memanage keuangan kita sendiri maka bisa2 gaji yang kita dapat hanya lewat saja, tak tersisa, dan yang ada hanya rasa galau,bingung harus cari uang kemana lagi.
Kali ini saya mau shared mengenai bagaimana mengatur keuangan pribadi kita. Beberapa cara berikut adalah cara yang saya lakukan sekarang, karena dulu saya juga merasa bahwa saya terlalu boros membelanjakan uang saya. Yang lebih bikin saya malu, sudah kerja tapi kadang saya masih minta uang saku orang tua (OMG !)😀. Sekarang saya sadar, bahwa mengontrol keuangan kita itu penting karena demi masa depan kita juga kan kawan? . Oke deh, berikut kiatnya :
1. Begitu terima gaji, alangkah baiknya jika kita tidak langsung membelanjakan uang kita. Kelompokan dulu uang itu sesuai kebutuhan kita. Contoh : 150rb untuk transportasi karena kebetulan saya setiap hari berangkat kerja naik angkot, 300rb untuk makan, 200rb untuk kebutuhan pribadi, 250rb untuk keperluan rumah seperti sembako karena tinggal sama orang tua nggak ada salahnya kan ikut membantu kebutuhan rumah hehe,dll.
2. Buka rekening tambahan khusus untuk tabungan. Dan ingat jangan diambil kalau memang tidak urgent kebutuhannya. Kita juga bisa mengikuti program menabung di bank2 yang uangnya itu baru bisa diambil setelah jangka waktu yang kita tentukan. Sehingga gaji kita tidak habis kawan. Ayo menabung !  Nggak mau kan madesu? Alias masa depan suram hehe😀
3. Catat semua pengeluaran kita setiap harinya. Awalnya saya merasa sulit untuk melakukannya, tapi lama2 saya bisa melakukannya. Malah sekarang saya terbantu dengan adanya catatan pengeluaran tersebut, saya jadi bisa mengontrol pengeluaran saya. Jangan sampai “Besar pasak daripada tiang”
4. Kiat yang satu ini jangan sampai ketinggalan kawan yaitu sedekah. Yups, jangan takut untuk bersedekah. Ingat, harta yang kita miliki bukan sepenuhnya milik kita. Nggak ada salahnya kita saling membantu satu sama lain. Dengan kita bersedekah, Insya Allah rezeki dan kenikmatan yang kita dapatkan akan dilipatgandakan oleh ALLAH SWT…. Amin 
Nah, sekian kawan itu tadi beberapa kiat sederhana untuk mengatur keuangan kita. Gimana? Tertarik untuk mencobanya?. Jangan sampai gaji kita habis hanya karena kita kurang pandai mengaturnya. Semoga bermanfaat bagi teman2 yang membacanya .

Tinggalkan Balasan

